Semakin berkembangnya zaman, banyak orang yang mulai sadar akan kebersihan dan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh mereka. Agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerangan kapan saja, Salah satu cara yangg bisa dilakukan adalah mengkonsumsi berbagai jenis vitamin.

Walaupun vitamin tidak dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Vitamin berperan aktif dalam memperkuat daya tahan tubuh dalam menghalau penyakit, itu sebabnya vitamin juga dapat disebut sebagai zat pelengkap.

Menggunakan obat-obatan dokter untuk mencegah masuknya penyakit kedalam tubuh tentu tidak cukup, hal itu perlu diimbangi dengan berbagai asupan gizi dan mineral yang meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. seperti tiga jenis vitamin berikut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Vitamin E

Sumber foto: Freepik/yuliyafurman

Salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada buah dan sayur ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya karena kaya akan kandungan antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi.

Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam adalah beberapa jenis bahan makanan yang mudah untuk kita temukan. Manfaat lain dari vitamin E adalah sehat bagi kulit karena dapat membantu pembentukan kolagen serta meningkatkan elastisitas dan keremajaan kulit.

Vitamin B6

Sumber foto:freepik/firsovanina

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan dalam buncis, yang merupakan bahan utama hummus. Vitamin ini juga berfungsi bagi sistem saraf pusat, darah, dan juga kulit.

Vitamin C

Sumber foto: Freepik

Vitamin yang terdapat di dalam buah jeruk dan lemon ini, Vitamin C adalah salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Padahal, kekurangan vitamin C bahkan bisa membuat kita lebih rentan sakit.

Makanan yang kaya vitamin C termasuk jeruk, jeruk bali, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh kita tidak memproduksi atau menyimpannya. Berita baiknya adalah bahwa vitamin C ada dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang tidak perlu repot untuk mencari sumber vitamin C bagi tubuh mereka.

Jadi selalu pastikan asupan vitamin mu terjaga ya dan jangan lupa untuk sesuaikan jenis makanan yang cocok untuk berbagai vitamin yang diperlukan tubuhmu. Be happy and stay healthy sobat!

Sumber: health.clevelandclinic.org

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB