Kepopuleran infused water semakin meningkat seiring dengan tren hidup sehat yang makin berkembang. Racikan buah dengan air putih ini tak hanya ampuh menghidrasi tubuh, tapi dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun akibat radikal bebas.
Tak mengherankan, kini infused water kerap disajikan sebagai pengganti air putih. Rasanya yang lebih menyegarkan memang sangat cocok diminum di tengah panasnya cuaca. Infused water juga bisa jadi solusi agar tubuh tetap bugar di tengah padatnya aktivitas.
Biasanya racikan infused water yang biasa kita lihat terdiri dari irisan lemon dan air putih. Tapi agar tak mudah bosan, kamu bisa intip rekomendasi racikan infused water tak kalah menyegarkan di bawah ini. Yuk, coba!
1. Mint, timun, dan lemon
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/CirclePS
Tiga bahan ini sangat cocok dikombinasikan untuk membuat infused water yang sehat dan super segar. Mint, timun, dan lemon akan menghasilkan rasa asam dan sensasi dingin saat diminum.
Timun dan lemon tinggi vitamin C bersifat antioksidan yang bisa melindungi tubuh, terutama kulit, dari kerusakan. Berdasarkan jurnal dari Erasmus University Medical Center tahun 2008, daun mint juga memiliki senyawa yang ampuh mengurangi pertumbuhan bakteri terutama di mulut.
Jadi ampuh meningkatkan percaya diri seharian, kan?
2. Stroberi dan daun basil
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/Zarzamora
Infused water ini akan membuat pikiran tetap rileks karena aroma khas yang dihasilkan dari daun basil. Stroberi juga sumber vitamin C yang cocok untuk memenuhi kebutuhan harian. Dikutip dari US Department of Agriculture Food Composition Database, konsumsi 100 gram stroberi bisa memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 98 persen.
Disamping itu, daun basil bermanfaat meningkatkan kesehatan otak. Jurnal yang diterbitkan Department Physiology and Pharmacology, Qom University of Medical Sciences tahun 2012 juga mengemukakan bahwa daun basil bisa meningkatkan kemampuan mengingat serta mengurangi stres dan depresi dengan aroma khasnya.
3. Apel dan kayu manis
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/SherSor
Racikan apel dan kayu manis sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Sebab kandungan serat pada satu buah apel terbilang tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 17 persen.
Serat tak larut pektin pada apel bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Menurut jurnal dari PubMed tahun 2009, kayu manis juga punya kandungan yang meningkatkan kesehatan usus sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi.
4. Semangka dan daun mint
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/Odua Images
Semangka membuat tubuh lebih terhidrasi, sebab dari data USDA, kandungan air pada semangka mencapai 92 persen. Kandungan vitamin C nya juga mencapai 21 persen sehingga bisa menjaga tubuh dari kerusakan sel dan serangan virus penyakit.
Daun mint tak hanya menambah rasa segar, daun mint berfungsi melancarkan peredaran darah dan meredakan sakit kepala. Berdasarkan jurnal PubMed, daun mint punya efek menghilangkan rasa sakit setara dengan 1.000 mg parasetamol.
5. Jeruk dan lemon
Ilustrasi Infused Water Foto: Shutterstock/Prostock-studio
Kombinasi jeruk dan lemon yang tinggi vitamin C dijamin membuat badan bugar sepanjang hari. Berdasarkan data nutrisi USDA, satu buah jeruk bisa memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C. Sedangkan lemon cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 51 persen.
Vitamin C yang tinggi antioksidan ini bisa mencegah kerusakan sel akibat polusi udara atau sinar UV. Kandungan vitamin ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
sumber : Kumparan.com

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB