Narasumber: dr. Harry Rayadi,MARS,Av

Sejak 8 Desember 2019 hingga pertengahan Januari 2020 diidentifikasi 59 kasus pneumonia akibat infeksi virus corona di daerah Wuhan dan jumlah total 278 kasus yang terdapat di China. Kebanyakan kasus diketahui berhubungan dengan pasar hewan laut yang menjual hidangan laut dan hewan hidup.

Selain di Wuhan, kasus terkonfirmasi juga telah ditemukan di Thailand dan Jepang. Tidak ada salahnya kita lebih waspada dengan cara mengikuti anjuran-anjuran yang dianjurkan tenaga medis di sekitar kita.

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari infeksi virus corona:

  1. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju ( tidak dengan tangan) ketika batuk atau bersin. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya .
  2. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama minimal 20 detik . Jika tidak tersedia sabuñ dan air gunakan cairan sanitasi yang berbahan dasar alkohol.
  3. Melengkapi stàtus imunisasi anak terutama terkait pnemonia ( DPT, HiB, Campak, PCV, dan influènza)
  4. Memperhatikan informasi yang disampaikan Dinas Kesehatan setempat dan Kementrian Kesehatan
  5. Jika tìdak ada keperluan yang sangat mendesak sebaiknya tidak merencanakan bepergian ke China apalagi membawa anak-anak
  6. Seperti pada kasus infeksi virus lainnya sangat penting untuk memelihara daya tahan tubuh selalu optimal dengan cara cukup tidur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta bernilai manfaat untuk daya tahan tubuh seperti Habatusauda, madu murni , kunyit, bawang putih .

sumber foto: google.com

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB