Oleh:
Aep Saepulloh
(Direktur Markom Pusat Zakat Umat)
Saat ini, kemajuan teknologi terus berkembang dengan pesat. Ada yang beranggapan bahwa bila ingin menguasai dunia, maka kuasai teknologi. Istilah Teknologi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya metode ilmiah serta sarana dan prasarana yang disediakan oleh perorangan maupun kelompok untuk mencapai sebuah tujuan.
Pada faktanya, teknologi terus berkembang sesuai dengan kemajuan yang terus meningkat. Semakin berkembang dan semakin banyaknya tujuan yang ingin dicapai oleh suatu individu maupun organisasi, maka penggunaan teknologi demi mencapai tujuan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.
Zaman kini, kita dihadapkan dengan istilah populer bernama digital. Kemajuan teknologi digital menjadi konsumsi harian publik manusia zaman kini, dari yang bersifat pribadi sampai bertaraf institusi.
Bagi pribadi yang belum menggunakan teknologi digital, maka secara otomatis dicap sebagai orang yang ketinggalan. Begitu pula dengan lembaga atau perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi digital, akan sulit berkompetisi di zaman kini. Seseorang, lembaga, atau perusahaan yang sudah terlibat dalam aktivitas digital dicap sebagai manusia atau lembaga “kekinian“.
Kebutuhan akan teknologi tidak hanya diperlukan oleh lembaga/perusahaan yang berorientasi profit. Bagi lembaga nirlaba pun, kebutuhan akan kecanggihan teknologi mutlak diperlukan.
Demikian halnya Pusat Zakat Umat, sebagai Lembaga Amil Zakat berskala nasional yang ber-khidmat untuk kemaslahatan umat, guna mencapai tujuan lembaga yang telah ditetapkan, Pusat Zakat Umat pun turut memanfaatkan teknologi smartphone yang sedang berkembang saat ini. Adapun teknologi berbasis smartphone itu bernama aplikasi Kita Saudara.
Kita Saudara merupakan sebuah aplikasi sosial yang ditujukan untuk memberikan kemudahan layanan bagi para muzakki atau para donatur dalam membayar zakat serta mengeluarkan infak dan sedekah secara online juga transparan melalui Lembaga Amil Zakat Nasional PZU (Pusat Zakat Umat). Tidak hanya itu, aplikasi Kita Saudara yang berfilosofi membangun dan menguatkan nilai-nilai persaudaraan ini pun berfungsi sebagai sarana sharing informasi bagi masyarakat digital. Aplikasi Kita Saudara pun dapat menjadi media kampanye penggalangan dana bagi program program sosial kemasyarakatan dan membantu pihak-pihak yang betul-betul membutuhkan bantuan dari masyarakat umum.
Adapun beberapa fitur dan fungsi aplikasi Kita Saudara secara umum adalah:
1. Fitur Oase, merupakan fitur yang berfungsi sebagai media kampanye program untuk membantu para mustahik (orang yang berhak menerima zakat). Setiap orang dapat berkampanye dan menyampaikan program-program sosial keagamaan di fitur ini.
2. Fitur Zakat, Infak, dan Sedekah, merupakan sarana untuk memudahkan dalam pembayaran zakat, infak, sedekah, dan bisa juga sebagai media kalkulasi zakat dan infak semua harta secara mudah.
3. Fitur riwayat transaksi, merupakan fitur yang berfungsi untuk mengecek dan memastikan kesesuaian transaksi yang telah berlangsung dan juga berfungsi untuk mengingatkan kembali akan kewajiban berzakat.
Cara Menggunakan Aplikasi Kita Saudara
Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu kita diharuskan mengunduh aplikasi ini di Play Store ataupun App Store. Kemudian, pasang (install) aplikasi yang sudah diunduh di smartphone. Setelah terpasang, agar bisa digunakan untuk bertransaksi, anda akan diminta untuk login/daftar dengan menggunakan e-mail anda.
Segala ikhtiar Pusat Zakat Umat melalui aplikasi Kita Saudara ini diharapkan bisa meningkatkan kebermanfaatan dan kemudahan masyarakat, baik dalam hal pemenuhan kewajiban menunaikan zakat, partisipasi program, membangun kebiasaan berinfak dan bersedekah, kemudahan transfer informasi seputar ZIS, serta yang juga tak kalah penting adalah semoga dengan adanya aplikasi Kita Saudara ini menambah percepatan dan kualitas pelayanan kemaslahatan umat.

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB