www.pzu.or.id, Bandung, Sabtu, 15 Februari 2020, Pusat Zakat Umat menyambangi kediaman rumah Pak Edi, Pak Edi merupakan salah satu penerima manfaat kaki Palsu, pemberian para donatur PZU yang telah terkumpul pada akhir 2019 lalu.

Beberapa tahap harus  dilakukan sebelum kaki palsu dibuat. Pemeriksaan pertama adalah pemeriksaan medis,  terutama kondisi kaki, diantaranya kekuatan kaki ketika menekan kebawah dan bekas operasi.

Setelah pemeriksaan secara medis dan pengukuran selesai dilakukan,  baru lah kaki palsu di buat. Setelah kaki palsu rampung 90%, kemudian dilakukan fitting untuk menyeimbangkan dengan kaki pasien.  Setelah pasien merasa nyaman baru diberikan. Untuk menggunakannya pun tidak lah mudah, dibutuhkan beberapa tahapan, kaki digunakan sambil menggunakan tongkat di kedua tangan, setelah merasa kuat melepaskan satu bantuan , lalu setelah lancar berjalan baru melepaskan semua bantuan, dan mengandalkan kaki palsu saja.  Semuanya butuh proses kesabaran dan keyakinan bahwa pasien bisa berjalan dengan kedua kaki seperti dulu.

Dokter sedang memberi pengarahan merawat kaki palsu

Asisten Dokter sedang memasangkan kaki palsu.

Kondisi Pak Edi merupakan salah satu kondisi kaki yang baik, hasil operasi yang bagus dan bisa berfungsi seperti kaki biasa jika sering berlatih dengan kaki palsu nya. Semoga kaki palsu terbaik yang bisa PZU berikan dapat digunakan dengan maksimal oleh Pak Edi, sehingga Pak Edi bisa mencari nafkah dengan leluasa dan lebih semangat dari pada sebelumnya.

Dengan kondisi rumah yang redup, lantai yang basah Karena bocor disetiap sudut rumah, Pak Edi mencoba berlatih, dengan tertatih tatih namun penuh harapan Pak Edi mencoba kaki baru nya.

Kami ucapkan jazakallahu khoiron katsiro kepada seluruh donatur yang telah membantu dalam program kaki palsu ini. Semoga menjadi amal soleh bagi kita semua.

Kaki palsu merupakan program insidental PZU dalam program Umat Sehat. Program Umat Sehat adalah bentuk kontribusi Pusat Zakat Umat dalam menyehatkan umat. Melalui Program Umat Sehat, Pusat Zakat Umat berusaha menjadi perantara para donatur yang ingin meringankan dan membantu beban masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan.

 

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB