Petunjuk tentang redaksi dan kaifiyat takbir didapatkan dari ucapan atau amal shahabat (hadis mauquf), baik secara khusus berkaitan dengan Ied maupun bukan Ied.

Keterangan redaksi takbir selain Ied merujuk kepada penjelasan Salman al-Farisi, sebagai berikut:

عَنْ أَبِى عُثْمَانَ النَّهْدِىِّ قَالَ : كَانَ سَلْمَانُ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ يُعَلِّمُنَا التَّكْبِيرَ يَقُولُ : كَبِّرُوا: “اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا”

“Dari Abu Usman an-Nahdi, ia berkata, “Salman mengajarkan takbir kepada kami, ia berkata, ‘Bertakbirlah! Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar kabiira’.” (HR. Al-Baihaqi). [1]

Sedangkan redaksi takbir berkenaan dengan ied, merujuk kepada keterangan para shahabat Nabi saw. sebagai berikut:

عَنْ أَصْحَابِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ صَلاةَ الْغَدَاةِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَيَقْطَعُ صَلاةَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ النَّحْرِ، يُكَبِّرُ إِذَا صَلَّى الْعَصْرَ قَالَ: وَكَانَ يُكَبِّرُ: اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

“Dari para shahabat Ibnu Mas’ud, dari Ibnu Mas’ud, bahwa ia bertakbir sejak shalat shubuh pada hari Arafah dan berhenti pada shalat Ashar di hari Nahar (10 Dzulhijjah), setelah shalat Ashar beliau bertakbir, ia (Rawi) berkata, ‘kaana yukabbiru.’: Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.”  (HR. Ath-Thabrani).[2]

Dalam riwayat lain disebutkan:

عَنْ أَبِي الأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللهِ أَنَّهُ كَانَ يُكَبِّرُ أَيَّامَ التَّشْرِيقِ: اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.

“Dari Abu al-Ahwash, dari Ibnu Mas’ud, bahwa ia bertakbir pada hari-hari tasyriq: Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah). [3]

Pengamalan takbir versi Ibnu Mas’ud di atas sejalan dengan Ali bin Abu Thalib, sebagaimana dijelaskan Syarik bin Abdullah an-Nakha’i:

قُلْتُ لأَبِي إِسْحَاقَ : كَيْفَ كَانَ تَكْبِيرُ عَلِيٍّ ، وَعَبْدِ اللهِ ؟ فَقَالَ : كَانَا يَقُولاَنِ : اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.

“Saya bertanya kepada Abu Ishaq, ‘Bagaimana takbir Ali dan Ibnu Mas’ud?’ Maka ia menjawab, ‘Keduanya mengucapkan, ‘Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu’.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).[4]

Begitu pula pengamalan Umar bin Khatab, sebagaimana diterangkan Ubaid bin Umair:

أَنَّ عُمَرَ كَانَ يُكَبِّرُ مِنْ صَلاةِ الْغَدَاةِ يَوْمَ عَرَفَةَ إِلَى صَلاَةِ الظُّهْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّاِم التَّشْرِيْقِ يُكَبِّرُ فِي الْعَصْرِ يَقُوْلُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

“Bahwa Umar bertakbir sejak shalat shubuh pada hari Arafah hingga shalat Zuhur pada akhir hari tasyriq, beliau bertakbir pada waktu Ashar dengan mengatakan: Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.” (HR. Ibnu al-Mundzir)[5]

Pengamalan takbir seperti di atas bukan ijtihad pribadi shahabat, melainkan ijma shahabat, karena selain merupakan amal jama’i (bersama) juga tidak didapatkan pengingkaran dari salah seorang pun shahabat Nabi. Amalan demikian itu sebagaimana diterangkan oleh Ibrahim an-Nakha’i:

كَانُوا يُكَبِّرُونَ يَوْمَ عَرَفَةَ وَأَحَدُهُمْ مُسْتَقْبِلٌ الْقِبْلَةَ فِي دُبُرِ الصَّلاَةِ : اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.

“Mereka bertakbir pada pada hari Arafah, dan salah seorang di antara mereka menghadap kiblat setelah melaksanakan shalat: Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah). [6]

Berbagai keterangan di atas menunjukkan bahwa redaksi takbir dalam ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha, yang sesuai dengan petunjuk syariat, dapat menggunakan dua versi redaksi:

  • Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.”
  • Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar kabiiraa.

Sementara dengan lafal Allaahu Akbar tiga kali dan tambahan redaksi lainnya, tidak berlandaskan dalil yang shahih, bahkan tidak berdalil sama sekali. Sehubungan dengan itu, Imam Ahmad menegaskan takbir Ibnu Mas’ud (Allaahu Akbar dua kali) merupakan takbir yang shahih.

Abu Dawud berkata:

قُلْتُ لِأَحْمَدَ: كَيْفَ التَّكْبِيرُ؟ قَالَ: كَتَكْبِيرِ ابْنِ مسعودٍ، يَعْنِي: اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.قَالَ أَحْمَدُ: يَرْوُوْنَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ: يُكَبِّرُ ثَلَاثًا اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ (اللَّهُ أَكْبَرُ) ، قَالَ أَحْمَدُ: كَبِّرْ تَكْبِيرَ ابْنِ مسعودٍ.

“Saya bertanya kepada Ahmad, ‘Bagaimana bertakbir?’ Ia menjawab, ‘Seperti takbirnya Ibnu Mas’ud, yaitu Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illalaahu wallaahu Akbar, Allaahu Akbar walillaahil hamdu.’ Ahmad berkata, ‘Mereka meriwayatkan dari Ibnu Umar: ‘Ia bertakbir tiga kali: Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.’ Ahmad berkata, ‘Bertakbirlah seperti takbirnya Ibnu Mas’ud’.”[7]

Dewan Hisbah Persatuan Islam. 2019. Masalah Seputar Idul Adha dan Qurban. Bandung-Persispres

 

[1] Lihat, As-Sunan al-Kubra, III: 316, No. 6076

[2] Lihat, Al-Mu’jam al-Kabir, IX:307, No. 9538.

[3] Lihat, Al-Mushannaf, I:490, No. 5651

[4] Lihat, Al-Mushannaf, I: 490, No. 5653.

[5] Lihat, Al-Awsath fii as-Sunan wa al-Ijmaa’ wa al-Ikh tilaaf, IV:33.

[6] Lihat, Al-Mushannaf, I: 490, No. 5650

[7] Lihat, Masaa’il al-Imaam Ahmad Riwayah Abu Dawud as-Sijistani, I:88

Bersihkan Harta Dengan Zakat

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB