Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H, Program Qurban Super Barokah (QSB) merupakan program unggulan Pusat Zakat Umat (PZU) dalam menyambut kemeriahan Hari Raya Idul Adha. Qurban Super Barokah (QSB) merupakan sebuah program bagi mudhohi (yang menitipkan hewan qurban) untuk menitipkan hewan qurbannya kemudian akan kami distribusikan ke wilayah-wilayah yang sudah seharusnya mendapatkan haknya.

Ibadah Qurban adalah menyembelih binatang qurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kepada Alloh swt. Kata Qurban berasal dari bahasa Arab “Qurbaana” yang berarti dekat. Qurban dalam Islam juga disebut dengan Udhhiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi, dan kambing pada hari raya ‘Idul Adha dan hari-hari Tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Alloh swt.

Selanjutnya, kata Barokah secara bahasa diartikan sebagai “nikmat” (kamus Al-Munawwir). Sedangkan menurut istilah Imam Ghazali menyebutkan barokah itu ialah Ziyaadatul Khairi, yakni bertambahnya kebaikan. Dan diperjelas oleh Imam Nawawi didalam Syarah Shahih Muslim, bahwa yang diebut dengan barokah itu ialah Tsubuutul Khairi Fii Syaiin, yakni tetapnya kebaikan didalam sesuatu atau diartikan juga kebaikan yang banyak dan abadi.

Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) adalah sebuah Lembaga pengelola Zakat, infaq, dan shadaqah yang berkhidmat untuk peningkatan kesejahteraan umat dalam bidang pendidikan, kesehatan, dakwah, sosial, dan ekonomi. Didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI no.865 Tahun 2016, serta didukung oleh tenaga amil zakat profesional, Pusat Zakat Umat mencanangkan visi sebagai Lembaga yang mengelola dana zakat, infaq, shadaqah secara amanah, profesional, dan transparan untuk disalurkan bagi kesejahteraan umat di seluruh Indonesia.

Jadi, dari penjelasan-penjelasan diatas, semoga dengan program Qurban Super Barokah yang merupakan program tahunan ini, Pusat Zakat Umat menjadi pemegang amanah yang mampu menebar kebaikan kepada para mustahiq atau yang berhak menerimanya, juga sebagai pemegang amanah bagi mudhahi yang menitipkan udhhiyyahnya karena itu merupakan bentuk keimanan dan taqarrubnya kepada Alloh swt.  Dan  tentunya juga, kami sangat memperhatikan masalah syari’ yang mengitari permasalahn udhhiyyah dikalangan kita, seperti masalah pemilihan hewan qurban yang layak, proses penyembelihan dan proses pendistribusiannya insyaallah sesuai dengan syari’at.

Untuk lebih jelasnya “Qurban Super Barokah 1441 H,  simak disini :

  • Inilah landasan Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU :
  • Al-Qur’an

Q.s Al-Hajj:34

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (korban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

  • Al-Hadits

Rasululloh S.A.W bersabda :

“Barangsiapa yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk berqurban, namun tidak melakukannya, maka janganlah ia mendekati mushala kami.” (H.R Ahmad dan Ibnu Majah)

  • Apa sih tema dan tagline Program Qurban Super Barokah (QSB) ??

Menjangkau Pelosok, Menebar barokah Sesuai Syariat…

  • Jadi tujuan dan manfaat program Qurban Super Barokah (QSB) itu apa ?
  1. Terbantunya kebutuhan pangan masyarakat fakir miskin di wilayah tertinggal di indonesia dan wilayah terdampak Covid-19
  2. Terbantunya kebutuhan pangan masyarakat terdampak bencana kemanusiaan di Palestina, Suriah, Uighur, dan komunitas muslim lainnya yang mengalami diskriminasi kehidupan
  3. terbentuknua jiwa kemanusiaan dan saling berbagi diantara sesama umat manusia ditengah wabah pandemi Covid-19 ini
  4. Terasanya manfaat dari ibadah qurban khususnya untuk masyarakat wilayah terdampak Covid-19 dan umumnya masyarakat di indonesia.
  • Kalo Manfaat Program Qurban Super Barokah (QSB) ini apa ??

Manfaatnya so simple tapi sangat bermakna untuk menebar kebahagiaan untuk umat dan menjadi ladang amal bagi kita

  1. Tepat sasaran
  2. Sesuai syariat dan sunnah
  3. Berbagi pahala
  4. Memberdayakan umat
  5. Berbagi kebahagiaan
  • Berapa sih target penerima manfaat PZU dalam Program Qurban Super Barokah (QSB) ini ??
  • Adanya 1.000.000 Penerima Manfaat bagi masyarakat terdampak Covid-19 dan masyarakat miskin wilayah tertinggal di indonesia
  • adanya 50.000 Penerima Manfaat bagi Masyarakat bencana kemanusiaan di Palestina, Suriah, Uighur, dan komunitas muslim terdiskriminasi lainnya

 

  • Jadi wilayah Qurban Super Barokah (QSB) We Are Brother, Kita Saudara dimana saja ?

Target terbagi 3 ketegori wilayah antara lain:

  1. Wilayah dengan masyarakat miskin di daerah tertinggal
  2. Wilayah dengan masyarakat terdampak Covid-19 terbesar
  3. Wilayah dengan Masyarakat terdampak Bencana Kemanusiaan di Luar Negeri.

Wilayah tersebut sudah disesuaikan dengan penempatan setiap perwakilan Persis baik PW, PD, PC dan PJ di seluruh indonesia dan 12 Kafilah Du’at yang dikirim oleh PP. Persis adalah sebagai berikut:

  1. Wilayah Dengan Masyarakat Miskin di daerah Tertinggal Di Indonesia dan wilayah distribusi sesuai perwakilan Persis
  2. Provinsi Bengkulu
  3. Provinsi Sumatra Selatan
  4. Provinsi Sumatra Utara
  5. Provinsi Riau
  6. Provinsi Lampung
  7. Provinsi NTT
  8. Provinsi Maluku
  9. Provinsi Papua
  10. Kalimantan tengah
  11. Kalimantan Timur
  12. Sulawesi Selatan
  13. Bali
  14. DIY Yogyakarta
  15. Wilayah dengan masyarakat terdampak Covid-19 terbesar di Indonesia
  16. Provinsi Jawa Barat
  17. Provinsi Jawa Tengah
  18. Provinsi Jawa Timur
  19. Wilayah dengan Masyarakat terdampak bencana kemanusiaan dan diskriminasi di Luar Negeri
  20. Palestina
  21. Suriah
  22. Sudan
  23. Uighur
  24. Mesir
  25. Madinah

 

  • Jadi berapa harga saham keseluruhan Program Qurban Super Barokah (QSB) ini ?
    1. Indonesia:

Sapi dan Domba di mulai dari :

  1. 3.500.000/Saham untuk Sapi atau Domba
  2. 3.000.000/Saham untuk Sapi atau Domba
  3. 2.500.000/Saham untuk Sapi
    1. Palestina, Suriah, Yaman, PCI Sdan, PCI Mesir, PCI Madinah

Saham Mulai dari Rp 5.000.000/Saham Unta, Sapi atau Domba

Newsroom : Rizal Nazihudin

Bersihkan Harta Dengan Zakat

08112222501

info@pzu.or.id

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB