www.pzu.or.id, Bandung , Agustus 2019, penduduk bekerja di Kota Bandung sebanyak 1.183.193 orang, sedangkan yang tidak bekerja sebanyak, 105.067 orang. Dibandingkan setahun yang lalu, jumlah penduduk bekerja bertambah 75.207 orang, sedangkan pengangguran bertambah 8.602 orang.

Dampak dari pandemic Covid-19 berimbas pada peningkatan jumlah pengangguran di Kota Bandung. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung mencatat sebanyak 9.200 orang jadi pengangguran akibat wabah virus korona itu.

Menurut Kepala Disnaker Kota Bandung Arif Syarifudin, jumlah itu terbagi dalam dua kategori antara lain pengangguran yang dirumahkan dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah satu tugas dari sebuah Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah membantu mendampingi umat untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat tidak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga untuk lingkungan sekitar dan lebih bagus lagi untuk masyarakat luas.

Kepedulian PZU dan YBMPLN terhadap permasalahan umat yang masih berada dalam garis kemiskinan, membuat kami sebagai LAZ senantiasa berikhtiar dan berkomitmen menjadi penggerak perubahan sosial ekonomi dengan program unggulan pemberdayaan umat bernama RUMAH CAHAYA BANGKIT.

Rumah Cahaya Bangkit adalah program pembinaan untuk para generasi muda dan kaum perempuan dari kalangan dhuafa, baik untuk peningkatan life skill maupun pembinaan rohaninya. Kegiatan ini dilaksanakan secara sinergi antara YBM PLN dan Pusat Zakat Umat (PZU).

Rumah Cahaya Bangkit ini bertujuan untuk mencetak generasi-generasi yang berkualitas dan berakhlakulkarimah. Diharapkan dengan adanya Rumah Cahaya Bangkit ini para generasi muda dan kaum perempuan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk kemajuan daerahnya.

Rencana Pelatihan-Pelatihan yang akan dilaksanakan

  1. PelatihanTata Busana
  2. Pelatihan Barista
  3. Pelatihan Sablon
  4. Pelatihan Mencukur
  5. Pelatihan Tata Boga/Kuliner
  6. Pelatihan Teknisi AC
  7. Pelatihan Digital Marketing
  8. Pembelajaran Al-Quran, Aqidah-Akhlaq dan Fiqih Ibadah.

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. Almaidah, 5: 2)

Semoga dengan adanya Rumah Cahaya Bangkit, akan semakin banyak umat yang terselamatkan, baik itu dalam urusan dunia dan akhiratnya. Memberikan cahaya dari keterpurukan dalam urusan ekonomi, dan membangkitkan semangat menyambut masa depan lebih baik lagi.

Kami mohon doa dan dukungan dari para donatur, agar program ini senantiasa bergulir, menghasilkan pribadi-pribadi yang berkualitas dan generasi Islam rahmatan lilalamien.

 

 

 

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB