www.pzu.or.id, Tasikmalaya.  Bantuan tahap 2 didistribusikan oleh Kantor Layanan Pusat Zakat Umat Kabupaten Tasikmalaya kepada beberapa keluarga yang melakukan isolasi mandiri di Kampung Cirando Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya pada hari Jumat, 29 Januari 2021.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada 2 keluarga yang melakukan isolasi mandiri di Kampung Panyusuhan, RT 03 RW 04 Desa Pakemitan Kidul Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Penyaluran ini dilakukan setelah mendapat laporan dari Kang Caca selaku Bidgar Sosial Pimpinan Daerah Persatuan Islam Kabupaten Tasikmalaya mengenai adanya beberapa keluarga yang melakukan isolasi mandiri karena positif covid-19 berdasarkan hasil uji swab.

Berdasarkan assesmen yang dilakukan staf pelayanan mustahik PZU beserta bidang sosial di otonom Persis dan Pemuda Persis, terdapat 5 KK yang melakukan isolasi di Kadipaten, yaitu KK Bapak ER (3 jiwa), KK Ibu S (4 jiwa), KK Ibu L (3 jiwa), KK Ust Y (6 Jiwa), dan KK Bpk. DRA (4 jiwa). Dari kelima KK tersebut ada 4 KK yang membutuhkan bantuan.

Dua keluarga yang melakukan isolasi di Ciawi, yaitu KK Ibu P (4 jiwa) dan KK Ibu A (3 Jiwa).

“Pendistribusian paket sembako, makanan ringan, dan buah-buahan ini kami lakukan agar keluarga yang melakukan isolasi mandiri tercukupi kebutuhan pangannya.” Ujar H. Agung Baehaqi, S.E. selaku Kepala KL PZU.

Bidang Garapan Zakat Pimpinan Cabang Persatuan Islam Kadipaten sangat mengapresiasi pendistribusian ini.

“Kami haturkan zajakumullohu khoiron kepada para muzakki yang telah memberikan zakat, infak, dan sedekahnya sehingga para amilin bisa menyalurkannya tepat sasaran pada orang yang membutuhkan.” Ungkap Mahyudin selaku Bidgar Zakat PC Persis Kadipaten.

“Atas nama keluarga kami ucapkan terimakasih.” Kata Ust. Yasar ditemani Bpk. Ii selaku RT mewakili keluarga yang melakukan isolasi mandiri di Panyusuhan. Ustaz Yusuf Tajiri sebagai salah satu keluarga yang melakukan isolasi mandiri menganggap apa yang menimpa keluarganya bukanlah suatu aib (hal buruk), tetapi merupakan ujian dari Allah SWT.

Beliau mengutip Q.S. Al-Baqarah: 155.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Juga beliau mengutip Q.S. Muhammad: 31.

“Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.”

Kantor Layanan PZU Kabupaten Tasikmalaya bersinergi dalam pendistribusian ini dengan berbagai pihak terutama Pimpinan Daerah Persis dan otonomnya. (/MF)

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB