Garut, www.pzu.or.id,  – Sabtu (18/5) 2019 bertepatan dengan hari ke tiga belas bulan ramadhan, PZU KL Garut bersama PD Persis menyalurkan program Berkah Ramadhan 1440 H Semangat Berbagi Untuk Saudara ke wilayah Selatan Garut yang meliputi Kecamatan Cibalong, Cikelet, Caringin dan Talegong.
Untuk menyalurkan program Berkah Ramadhan ke wilayah selatan harus menyiapkan tenaga ekstra, apalagi dalam kondisi shaum menjadi tantangan tersendiri, mengingat jarak yang jauh dengan kondisi infrastruktur yang rusak berat. Berdasarkan data dari BPS jarak dari Ibu Kota Garut ke Kecamatan Cibalong yang merupakan Cabang Persis terbaru adalah 96 KM dengan durasi tempuh normal sekitar 4 – 5 jam perjalanan.
Kondisi geografis Kecamatan Cibalong berada di wilayah paling Selatan Garut dan memiliki area wisata yaitu Pantai Cijeruk. Sehingga iklim dan cuacanya relatif panas dan terdapat perkebunan karet yang menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar. Secara topografi ketinggian Kecamatan Cibalong berada di ketinggian 100 m dpl dengan luas 213 KM².
Untuk sampai ke lokasi Cabang Persis Cibalong PZU KL Garut yang diwakili oleh Andri Permana (kepala), H Asep Deni (kadiv pendayagunaan), Dayat Hidayat (keuangan), Mumad Nurjaman (kadiv penghimpunan), H Hilman Mubarok (divisi pendayagunaan) bersama PD Persis  yang diwakili oleh H Ena Sumpena (ketua), Edi Surachman (sekretaris), H Uus Kusnawan (dikti),Yusup Tajri (dakwah) harus menempuh jarak sepanjang 96 KM jalan provinsi dan 5 KM jalan desa dengan kondisi rusak berat hingga harus melalui Sungai Leuwi Cibaluk yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat karena ini adalah salah satu akses jalan yang terdekat menuju lokasi. Untuk sampai ke lokasi tim PZU bersama PD Persis harus melewati Sungai Leuwi Cibaluk yang lebarnya sekitar 10 m sambil membawa barang barang yang hendak disalurkan.
Sungai Leuwi Cibaluk inipun menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat sekitar karena tidak terdapat jembatan untuk menuju daerah perkotaan baik untuk keperluan memasarkan hasil bumi bahkan untuk kebutuhan makanan dan keperluan lainnya. Meskipun ada jalan alternatif lain yang memungkinkan dilalui kendaraan roda empat akan tetapi harus memutar lebih jauh akhirnya melalui Sungai Leuwi Cibaluk menjadi pilihan agar sampai ke lokasi lebih cepat.

 
Program penyaluran Berkah Ramadhan 1440 H ini juga berkat kerjasama antara PZU KL Garut,  PD Persis Garut dan STAIPI Garut dalam program Pengabdian Ramadhan. STAIPI Garut mengirimkan 14 mahasiswa/i untuk melakukan pengabdian selama dua pekan dari awal ramadhan hingga 24 Mei 2019 yang ditempatkan di Kecamatan Cibalong, Cikelet, Caringin dan Talegong.
Andri Permana SE., MM Kepala PZU KL Garut menyatakan salah satu kendala penyaluran program Berkah Ramadhan 1440 H ke wilayah Selatan Garut terutama Cabang Persis Cibalong adalah kondisi infrastruktur jalan, selain berbatu dan relatif curam dengan kondisi yang rusak parah. Meskipun demikian proses penyaluran tetap dilakukan karena wilayah ini menjadi prioritas, mengingat Cabang Persis nya baru diresmikan pada tahun 2017.
Karena merupakan Cabang Persis prioritas dalam hal pembinaan, untuk itu dilakukan kerjasama program untuk melakukan pembinaannya kepada wilayah Selatan Garut ini, STAIPI Garut mengirimkan mahasiswanya selama dua pekan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, PZU KL Garut mensupport dalam hal program ramadhan baik berupa pembagian paket buka bersama, pembagian mushaf Al Quran dan pembagian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.
Setelah penyaluran ke Kecamatan Cibalong, perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Cikelet, Caringin dan berakhir di Kecamatan Talegong. Untuk menyalurkan program di empat Kecamatan tersebut PZU KL Garut membutuhkan waktu satu hari satu malam dan alhamdulillah program Berkah Ramadhan 1440 H ini bisa dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah Selatan Garut. (her)

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB