Oleh:
dr. Harry Rayadi, MARS

Adalah sebuah pemikiran yang keliru pada saat seseorang berpendapat bahwa sehat itu ketika dirinya tidak sedang terkena penyakit. Karena Allah Ta`ala menciptakan fisiologi tubuh manusia sangatlah kompleks, sebab biomolekuler dan biokimiawi dari 100 triliun sel-sel yang terdapat dalam tubuh manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan sangat indahnya jaringan, organ-organ, dan sistem dalam tubuh manusia dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dan, fungsi-fungsi tersebut berproses terus menerus dari detik ke detik tiada hentinya.Pada saat fungsi-fungsi dalam tubuh itu terganggu, maka mulailah muncul gangguan dalam tubuh manusia. Untuk mempertahankan agar fungsi-fungsi tersebut berjalan baik perlu ikhtiar, yaitu dengan dengan menjaga pola hidup sehat dari waktu ke waktu.
InsyaAllah, secara berseri akan dibahas secara singkat tentang pola hidup sehat yang menyeluruh yang meliputi body, mind, dan spirit dengan harapan menjadi panduan sederhana agar hidup lebih baik, yang dimulai dengan pola makan.

LEMAK BAIK UNTUKMU

Tubuhmu memerlukan lemak untuk pertumbuhan. Lemak-lemak yang baik dapat dieroleh dari buah alpukat, kacang mentah (raw nuts), coconut oil, daging yang berasal dari hewan pemakan rumput, lemak dari ikan, mentega yang berasal susu sapi pemakan rumput segar. Hindari lemak yang tidak baik yang berasal dari makanan yang digoreng dan diolah.

MAKANLAH MAKANAN YANG BERWARNA KUAT

Sayuran dan beberapa buah-buahan yang berwarna kuat sangatlah baik untuk dikonsumsi rutin dalam diet harian. Warnanya yang kuat mengindikasikan banyaknya kandungan phytonutrients, merupakan subtansi aktif biologis yang dapat melindungi tanaman dari virus dan bakteri, juga bagi manusia.

BELILAH MAKANAN ORGANIK PRODUK LOKAL

Kita tentu sudah sering mendengar tentang banyak tanah pertanian yang telah tercemar zat kimia yang membahayakan bagi tubuh manusia, buah-buahan, dan sayuran tumbuh pada tanah yang kekurangan mineral. Di samping itu, kandungan mineral tersebut akan rusak karena proses pengangkutan dan pendinginan yang lama. Sehingga meskpiun penampilannya sangat menarik, tetapi buah atau sayuran tersebut telah kehilangan manfaat nutrisinya. Oleh sebab itu, belilah buah dan sayuran organik.

STOP KONSUMSI GULA BERLEBIHAN

Gula dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker, kencing manis, dan Alzheimer`s. Kita telah dikepung oleh berbagai makanan olahan yang berkadar gula tinggi. Bukan hanya kue-kue, bahkan bercampur gandum dan roti, yoghurt, dan jenis makanan lainnya. Terdapat pandangan yang keliru di masyarakat tentang gula merah lebih baik dari gula putih, padahal keduanya sama saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Apabila memerlukan pemanis lebih, baik gunakan pemanis yang berasal dari daun stevia.

JAUHI MAKANAN YANG MENGANDUNG GLUTEN

Setelah gula, gluten adalah zat yang dapat menguras energi kita dan merusak enzim sehingga dapat mengakibatkan gangguan dari tubuh dan kelelahan. Di samping itu, gluten dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung gluten, di antaranya roti dan pasta.
Wallahu A’lam bis Shawab

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB