Secara hisab Insyāllāh pada Ahad, 21 Juni 2020 akan terjadi gerhana matahari. Secara global, gerhana matahari 21 Juni 2020 ini termasuk gerhana matahari Sentral-Cincin (Kusūf al-Ḥalqī Markazī/Central Annular Eclipse) yaitu jenis gerhana dimana perpanjangan kerucut umbra mengenai bumi, kemudian daerah yang dapat menyaksikan gerhana ini akan melihat piringan bulan hanya menutupi bagian tengah piringan matahari sementara bagian tepi piringan matahari tetap bercahaya, menyerupai sebuah cincin.

Jalur lintasan GMC (Gerhana Matahari Cincin) akan dimulai dari saat matahari terbit di Republik Kongo, kemudian melintasi Republik Demokratik Kongo, Republik Afrika Tengah, Sudan Selatan, Sudan, Etiopia, Eritrea, Yaman, Arab Saudi, Oman, berlanjut ke Pakistan, India bagian utara,  Tibet, China, Taiwan, dan berakhir di Lautan Pasifik atau di selatan pulau Guam.

 

Gambar 1: Peta Global Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020

Sumber: https://www.timeanddate.com

Secara global gerhana matahari 21 Juni 2020 ini akan berlangsung selama 5 jam 48 menit 02 detik, dengan durasi saat puncak gerhana (Great Eclipse) selama 38.2 detik. Lebar gerhana 21.1 km dan magnitude umbra 0.9940. Secara lengkap kontak-kontak GMC 21 Juni 2020 secara global bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 2: Kontak Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 secara Global

Dihitung dengan Hisab Astronomis Persis

Indonesia, tidak terlewati jalur lintasan Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020. Dari Indonesia, GMC ini hanya terlihat sebagai GMS (Gerhana Matahari Sebagian) dengan ketertutupan (obskurasi) berkisar antara 0.002% sd 42.528% – Semakin ke Selatan persentase ketertutupan matahari oleh bulan semakin kecil-. Bahkan beberapa daerah di Indonesia tidak bisa menyaksikannya gerhana matahari ini, seperti sebagian daerah Lampung, sebagian daerah Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, sebagain daerah di Jawa Tengah, sebagian daerah di Jawa Timur dan Yogyakarta. Secara syar’i bagi daerah yg tidak bisa menyaksikannya atau tidak dilewati gerhana, maka tidak ada syariat ibadah gerhana. Durasi gerhana matahari di Indonesia berkisar antara 6 menit 26 detik s/d 2 jam 26 menit 37 detik.

Secara ringkas di Indonesia kontak-kontak gerhana sebagai berikut:

sumber: www.persis.or.id

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB