Login

Register

Login

Register

www.pzu.or.id, Bandung – Forum Zakat (FOZ) Jabar berencana menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-4 pada Rabu (10/03/2021).Tema yang diusung pada Muswil kali ini adalah “Penguatan Peran  FOZ sebagai Kontributor Kesejahteraan Masyarakat Jabar”, dengan tujuan FOZ  sebagai Rumah Besar Gerakan Zakat bisa berkontribusi dalam skala kebermanfaatan yang lebih besar bagi masyarakat.

Ketua FOZ Jabar, H. Herman menilai tema ini merupakan tahap lanjutan dari tema yang diusung periode sebelumnya yaitu tentang Kolaborasi  Gerakan  Zakat  untuk Jawa Barat. “Hari ini sudah saatnya  FOZWIL Jabar berkontribusi lebih kepada masyarakat, setelah pada periode ini Alhamdulillah sudahbanyak tercipta kolaborasi antar Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ Jabar, maka next stepnya adalah kita ingin berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Jabar” ungkap Herman pada Rapat Virtual Persiapan Muswil FOZ jum’at (26/2).

Berbicara mengenai kesejahteraan masyarakat, dikutip dari data  BPS  menyebutkan ada setidaknya 7 hal yang dijadikan indikator, yaitu kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, pola konsumsi, perumahan dan lingkungan serta ketimpangan dan kemiskinan.

Mengenai kemiskinan ini data BPS 2020 menyebutkan bahwa  per Maret 2020 di Jawa Barat jumlah penduduk miskin mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dari 3,40 juta menjadi 3,92 juta jiwa.

“Untuk itu, kami ingin FOZ Jabar kedepan bisa terus berkontribusi bahkan lebih memprioritaskan untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Barat melalui penguatan peran FOZ sebagai rumah besar Gerakan Zakat di Jabar” Pungkas  Herman.

Dalam mensukseskan Muswil ini, Ketua Panitia Pelaksana Hadi Supriyadi menyampaikan ada 3 Agenda Sukses yang  ditargetkan pada helatan Muswil kali ini yaitu pertama, Sukses Pelaksanaan, kedua Sukses Hasil, dan Sukses Penyampaian Pesan Muswil kepada masyarakat.

“Sukses secara Pelaksanaan,  diharapkan pada Muswil kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dari mulai persiapan sampai pada penutupan acara. Sukses Hasil, harapannya adalah dari Muswil ini bisa dilakukan Evaluasi secara komprehensif dan menghasilkan Kepengurusan FOZWIL Periode selanjutnya yang lebih baik lagi, dan yang  terakhir adalah Sukses dalam menyampaikan Pesan kepada masyarakat, bahwa melalui Muswil kali ini, FOZ Jabar berharap dapat berkontribusi lebih untuk masyarakat melalui Gerakan  Zakat”. Pungkas Hadi di sela-sela Rapat Persiapan Muswil,.

Kegiatan ini rencananya akan melibatkan Gubernur Jabar dalam memberikan Keynote Speak, dan akan diisi  Seminar  terkait gerakan zakat di Jawa Barat yang akan diisi oleh Ketua Fozwil Jabar, Baznas Jabar dan Dinsos Jabar, serta agenda Sharing dan Hearing dari Pimpinan FOZ Nasional terkait isu Gerakan Zakat terkini.

FOZ Jabar sendiri merupakan wadah dan Rumah Besar tempat berkumpulnya Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang berada di wilayah Jawa Barat.Sampai saat ini FOZ Jabar dihuni oleh 43 LAZ dan 2 FOZ Daerah.

 

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB