Ustadz Ahmad Solihin

Doa ini juga salah satu doa solat tahajud untuk meminta anak dan keturunan kita seelalu menjaga shalatnya.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku. (QS. Ibrahim [14]: 40)

 

Manusia adalah makhluk yang lemah. Makhluq yang banyak kekurangan. Ia tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari makhluq lain. Malahan manusia tidak dapat hidup tanpa kasih sayang Allah swt sebagai khaliqnya. Firman-Nya, “hai manusia, kalian itu makhluq yang faqir (membutuhkan) kepada Allah. Sedangkan Allah Dialah Yang Maha Kaya, Maha Terpuji (QS. FAthir [35]: 15) “berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan permintaan kalian” (QS. Al-Mu’min [40]: 60)

Manusia diperintahkan Allah swt agar selalu beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada-Nya. Allah swt menerangkan bahwa orang-orang yang tidak mau beribadah dan berdoa adalah orang-orang yang sombong. Di akhirat kelak mereka akan digiring masuk jahanam secara hina.

Lalu, mengapa kita tidak mau berdoa juga, padahal berdoa itu pekerjaan yag mudah, dimana saja ; kapan saja; dan dengan bahasa apa saja. Allah pun tentu mengetahui juga mendengar permohonan kita. Bahkan Allah swt sangat mengetahui kebutuhan-kebutuhan makhluq-Nya. Dia Yang Maha Oengasih memberi contoh-contoh berdoa di dalam al-quran.

Islam meganjurkan umatnya agar sering berdoa di saat sebelum , sedang, dan selslai melakukan pekerjaan. Mulai kita bangun tidur, keluar masuk jamban, makan, berpakaian, keluar rumah, bekerja, naik kendaraan, pulang, dan sampai tidur lagi ada doanya.

Apakah kita yakin doa-doa itu akan terkabul? Sayang sekali jika tidak. Maka untuk kesempurnaan doa yang kita panjatkan, mohonlah kepada Allah swt agar doa kita dikabulkan. Tidak semua permohonan itu diijabah oleh Yang Maha Kaya terdapat beberapa syarat, yaitu:

  1. Hendalah kita melaksanakan perintah-perintah-Nya, dan ber’amal shalih.
  2. Harus dengan merendah diri dan khusyu’
  3. Jangan putus asa dan harus meyakini kasih sayang Allah swt
  4. Mohonlah kepada Allah swt agar permohonan kita diterima
  5. Mohonlah kepada-Nya sesuatu yang layak dan benar-benar dibutuhkan.

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB