Diet sehat ala Rasul di Indonesia, mulai diperkenalkan ke publik oleh seorang dokter bernama Zaidul Akbar. Dokter umum ini telah lama meneliti cara hidup ala Rasulullah dan mendapatkan fakta bahwa apa yang dilakukan Rasul, sejalan dengan prinsip kesehatan. Akhirnya ia pun menuliskan sebuah buku, serta berkeliling dunia mendakwahkan jurus sehat nabi Muhammad SAW.

Nah, apa sih yang perlu dipersiapkan sebelum memulai jurus sehat Rasulullah ini?

1. Singkirkan 5 produk ini dari dapurmu

Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan
Pexels/ Suzy Hazelwood

Menurut dokter Zaidul Akbar, ada lima produk yang perlu distop konsumsinya jika ingin memulai jurus sehat Rasulullah. Yakni nasi putih, gula pasir, tepung dan susu serta turunannya, serta minyak goreng sawit. Kebutuhan karbohidrat bisa diganti nasi merah, nasi hitam atau kentang. Untuk minyak goreng, bisa beralih ke minyak kelapa atau virgin coconut oil.

2. Kembalilah ke bumbu dapur

Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan
Pexels/Pixabay

Banyak dari resep jurus sehat Rasulullah menggunakan bumbu dapur yang umum digunakan saat kita memasak. Mulai dari kunyit, jahe, ketumbar, lada, hingga yang mungkin harus dibeli khusus, yakni bee pollen dan garam himalaya.

Jangan dibayangkan rasanya bakalan gak enak ya. Karena dengan teknik pengolahan tertentu, olahan menggunakan bumbu dapur ini rasanya bisa enak banget. Terutama minuman golden latte berbasis kunyit, yang bermanfaat menghindarkan kita dari penyakit kanker dan jantung.

3. Kumpulkan kacang-kacangan

Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan
Pexels/rawpixel.com

Tidak meminum produk susu, bukan berarti harus benar-benar menghindari protein. Kita bisa mendapatkannya dari susu berbasis kacang seperti susu kedelai atau susu almond. Dokter Zaidul juga banyak menggunakan resep menggunakan santan untuk membuat minuman super yang akan meningkatkan daya tahan tubuh serta mendorong detoksifikasi.

4. Konsumsi buah wajib hukumnya nih!

Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu PerhatikanPexels/Pixabay

Buah-buahan tropikal seperti semangka, melon, anggur, dan buah naga kerap jadi rujukan jika ingin konsisten menjalankan jurus sehat Rasulullah. Bahkan produk inilah yang jadi sumber asupan makanan utama tiap kali makan. Ini karena buah-buahan mengandung enzim alami, yang membantu mereset hormon tubuh kita yang kadang terlanjur acak-acakan akibat gaya hidup yang kurang bagus.

5. Kurma, kurma, dan kurma!

Mau Diet ala Rasul? 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan
Pexels/DanaTentis

Buah kurma memang jadi andalan jurus sehat Rasulullah. Hampir di setiap resep menu sehat Rasulullah, ada kandungan kurma. Bukan cuma pemanis, kurma dipercaya memiliki beragam kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk tubuh. Selain kurma, juga ada madu dan bee pollen, yang bisa dijadikan sumber pemanis alami.

Nah, kalau sudah membekali diri dengan 5 hal di atas, kmu bisa berkunjung ke instagram milik dokter Zaidul Akbar di @zaidulakbar untuk mengintip resep-resepnya. Selamat mencoba!

sumber : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ella-devianti/tips-diet-ala-rasulullah-exp-c1c2/full

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB