Bandung, www.pzu.or.id, Masjid Al Furqan adalah masjid yang dibangun pada tahun 1994, berukuran 8x 10M, terletak di Kp Talang Harapan Rt 01/09, kel Kotabumi Udik kec. Kotabumi, 34518. Lampung utara, Prov.  Lampung, Masjid ini merupakan  wakaf dari keluarga H. Damsir. Mesjid ini merupakan mesjid andalan warga kp Talang Harapan.

Seiring berjalannya waktu, 25 tahun tanpa perbaikan membuat kondisi Masjid al-Furqon  saat ini cukup memprihatinkan.  Masjid ini nampak cukup kokoh, namun kondisi masjid ini sangat membutuhkan perhatian, kayu atap masjid ini sudah mulai keropos dan bisa roboh kapan saja membahayakan para jamaah masjid,  bahkan atap masjid tidak mempunyai langit langit, dan hanya ditopang 2 tihang kayu yang sangat sederhana, sedangkan dibagian lantai, hanya beralaskan tembok semen yang sudah kusam.

Masjid yang dibangun tahun 1994 ini selain digunakan solat berjamaah,  juga selalu diadakan pengajian rutin mingguan, dan digunakan juga untuk aktifitas mengaji anak anak setiap sore hari.  Masyarakat sekaligus jamaah masjid al-Furqon sangat berharap masjid di wilayah mereka dapat diperbaiki sesegera mungkin, mengingat masjid al-Furqon adalah satu-satu nya masjid di kampung mereka.

Selain kondisi masjid yang memprihatinkan, begitu juga dengan tempat wudlu dan toilet masjid. Keadaannya masih sangat sederhana. Sebuah sumur tua dan toilet seadanya, di pagari oleh pagar kayu dan genteng untuk menghindari hujan.

Lingkungan disekitar wilayah masjid al-Furqon bukanlah wilayah yang serba mapan, bahkan rumah warganya pun beberapa diantaranya belum berbentuk tembok masih menggunakan bilik sederhana. Mata pencaharian warga kebanyakan sebagai petani dan tukang kebun dengan penghasilan yang tidak tetap.

Masjid al-Furqon ini menjadi salah satu program Umat Soleh PZU ,   Program Umat Shaleh adalah upaya Pusat Zakat Umat untuk menjadi bagian dalam syiar dakwah Islam di berbagai wilayah dan di berbagai elemen masyarakat. Semoga program ini bisa membantu merealisasikan mimpi warga sekitar masjid al-Furqon agar bisa memiliki masjid yang aman, nyaman dan bisa jadi kebanggaan warga Kp Talang Harapan, Lampung Utara.

Kita sebagai umat muslim sudah seharusnya memakmurkan masjid sebagai tempat beribadah.

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Dana keseluruhan untuk renovasi Masjid al-Furqon ini mencapai Rp. 120.000.000. kami mengajak para doantur untuk turut serta membantu merampungkan pembangunan ini dengan berdonasi dalam program Umat Shaleh PZU .

 

 

 

 

 

Open chat
1
Assalamualaikum Wr WB