SAMBUT QURBAN SUPER BAROKAH (QSB) 1439 H

“KITA SAUDARA, We Are Brother

Menjangkau Pelosok, menebar barokah sesuai syariah

 

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, Program Qurban Super Barokah (QSB) merupakan program unggulan Pusat Zakat Umat (PZU) dalam menyambut kemeriahan Hari Raya Idul Adha. Qurban Super Barokah (QSB) merupakan sebuah program bagi mudhohi (yang menitipkan hewan qurban) untuk menitipkan hewan qurbannya kemudian akan kami distribusikan ke wilayah-wilayah yang sudah seharusnya mendapatkan haknya.

Ibadah Qurban adalah menyembelih binatang qurban sebagai salah satu bentuk ketaatan kepada Alloh swt. Kata Qurban berasal dari bahasa Arab “Qurbaana” yang berarti dekat. Qurban dalam Islam juga disebut dengan Udhhiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi, dan kambing pada hari raya ‘Idul Adha dan hari-hari Tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Alloh swt.

Selanjutnya, kata Barokah secara bahasa diartikan sebagai “nikmat” (kamus Al-Munawwir). Sedangkan menurut istilah Imam Ghazali menyebutkan barokah itu ialah Ziyaadatul Khairi, yakni bertambahnya kebaikan. Dan diperjelas oleh Imam Nawawi didalam Syarah Shahih Muslim, bahwa yang diebut dengan barokah itu ialah Tsubuutul Khairi Fii Syaiin, yakni tetapnya kebaikan didalam sesuatu atau diartikan juga kebaikan yang banyak dan abadi.

Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) adalah sebuah Lembaga pengelola Zakat, infaq, dan shadaqah yang berkhidmat untuk peningkatan kesejahteraan umat dalam bidang pendidikan, kesehatan, dakwah, sosial, dan ekonomi. Didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI no.865 Tahun 2016, serta didukung oleh tenaga amil zakat profesional, Pusat Zakat Umat mencanangkan visi sebagai Lembaga yang mengelola dana zakat, infaq, shadaqah secara amanah, profesional, dan transparan untuk disalurkan bagi kesejahteraan umat di seluruh Indonesia.

Jadi, dari penjelasan-penjelasan diatas, semoga dengan program Qurban Super Barokah yang merupakan program tahunan ini, Pusat Zakat Umat menjadi pemegang amanah yang mampu menebar kebaikan kepada para mustahiq atau yang berhak menerimanya, juga sebagai pemegang amanah bagi mudhahi yang menitipkan udhhiyyahnya karena itu merupakan bentuk keimanan dan taqarrubnya kepada Alloh swt.  Dan  tentunya juga, kami sangat memperhatikan masalah syari’ yang mengitari permasalahn udhhiyyah dikalangan kita, seperti masalah pemilihan hewan qurban yang layak, proses penyembelihan dan proses pendistribusiannya insyaallah sesuai dengan syari’at.

Kita ketahui sampai saat ini kondisi di Gaza Palestina dan Aleppo Suriah masih sangat memprihatinkan, satu dekade berlalu, tidak ada perkembangan ekonomi yang signifikan di Gaza dan Aleppo. Hari-hari murung berlalu tanpa ada perubahan berarti. Blokade masih membuat Gaza dan Aleppo terpinggirkan dari segala macam ingar-bingar laju perkembangan dunia.

Dan sekarang bertambah kondisi kelaparan yang sangat menarik perhatian dunia yaitu daerah Somalia, bukan hanya masalah kelaparan tetapi masalah kekeringan. Somalia adalah satu dari empat negara yang diidentifikasi oleh PBB sebagai negara yang terancam risiko kelaparan ekstrem- bersama dengan Nigeria, Sudan Selatan dan Yaman. Status bencana kelaparan telah resmi dinyatakan di sebuah negara bagian di Sudan Selatan – status kelaparan resmi pertama yang ditetapkan sejak Somalia pada 2011. PBB menggunakan kelaparan ekstrem -famine- sebagai istilah teknis, yang hanya berlaku dalam keadaan yang sangat spesifik:

  • Ketika 20% dari rumah tangga tidak dapat mengatasi kekurangan pangan
  • Kekurangan gizi akut melebihi 30%
  • Jumlah korban tewas melebihi dua orang per hari per 10.000 penduduk

Kelaparan di Somalia dilaporkan bulan lalu oleh Komite Darurat Bencana Inggris, yang mencakup 13 lembaga bantuan kemanusiaan terkemuka.

 

Kemudian tahun 2004 angka kemiskinan di Gaza masih berada pada angka 30%. Melonjak menjadi 50% ketika Israel mulai menerapkan blokade total tahun 2007. Hingga tahun 2016 setahun kemarin, angka kemiskinan tak terlalu berubah, masih berada di angka 40%.

Sedangkan di Suriah menurut laporan Komisi Sosial dan Ekonomi PBB untuk Asia Barat (ESCWA) dan Universitas St Andrews menunjukkan sekitar 83,4 persen warga Suriah saat ini hidup di bawah garis kemiskinan. Angka tersebut berbeda jauh dari tahun 2010 yang hanya 28%. Sekitar 13,5 juta warga Suriah membutuhkan bantuan kemanusiaan pada akhir 2015, dan lebih dari 4 jutanya berada di Damaskus dan Aleppo.

Dan untuk wilayah pelosok Indonesia meliputi Indonesia Barat ( Prov. Bengkulu, Sumsel, Sumut, Riau, Jabar, Jateng, Yogyakarta), Indonesia Tengah (Prov. Kalteng, Kaltim), Indonesia Timur (Sulsel, Maluku, Bali, NTT).

Program Qurban Super Barokah (QSB) ini menjawab problematika pendistribusian ibadah udlhiyyah yang sering muncul di masyarakat dari mulai tidak meratanya penerima hewan qurban dipelosok, didaerah konflik dan bencana.

Keunggulan Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU diantaranya : sesuai syari’at, distribusinya merata hingga pelosok, pemilihan hewan qurban yang layak dan proses penyembelihan dan proses pendistribusian sesuai dengan kesepakatan ulama. Seiring berjalannya waktu, tak hanya menjangkau Nusantara namun tahun ini Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU ini menjangkau lintas Negara Palestina, Suriah dan Somalia.

Bukan semata konsep, ada tanggung jawab yang lebih besar yaitu amanah. Amanah dari para mudhohi, untuk itulah demi menyambut harapan para mudhohi , persiapan dan perencanaan matang pun jadi keniscayaan. Selanjutnya, dalam persiapan Qurban Super Barokah (QSB)  adalah penentuan titik sebaran atau titik distribusi hewan qurban. Tujuannya, qurban dapat tersebar di berbagai pelosok negeri dan luar negeri (overseas), maka daging kurban dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang jarang merasakan kurban di lingkungannya. Prioritas utama dalam menentukan titik sebaran yaitu terpencil, miskin, rawan pangan, rawan akidah, serta daerah bencana.

Inilah langkah-langkah tim Qurban Super Barokah (QSB)   dalam menunaikan amanah para mudhohi yang menitipkan qurbannya dalam Program Qurban Super Barokah (QSB). Inilah upaya menghadirkan pengelolaan Qurban yang lebih baik. #QurbanForUmat . Maka dari itu yuu titipkan saham Qurbannya bersama Pusat Zakat Umat, Insyaalloh amanah dan menjangkau pelosok, menebar berkah sesuai syariat !!!

 

Untuk lebih jelasnya “All About Qurban Super Barokah, Kita Saudara, We are Brother” simak disini :

  • Inilah landasan Program Qurban Super Barokah (QSB) PZU :
  • Al-Qur’an

Q.s Al-Hajj:34

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (korban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

  • Al-Hadits

Rasululloh S.A.W bersabda :

“Barangsiapa yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk berqurban, namun tidak melakukannya, maka janganlah ia mendekati mushala kami.” (H.R Ahmad dan Ibnu Majah)

  • Apa sih tema dan tagline Program Qurban Super Barokah (QSB) ??

“Kita Saudara, We Are Brother

Qurban Super Barokah (QSB) For Nusantara until Palestina, Suriah dan Somalia !!

Menjangkau Pelosok, Menebar barokah Sesuai Syariat…

  • Jadi tujuan dan manfaat program Qurban Super Barokah (QSB) itu apa ??
  • Tujuannya yaitu :
  1. Yang jelas merealisasikan amanah Program Qurban Super Barokah (QSB) 1438 H dari para mudhohi
  2. Membantu peningkatan gizi masyarakat dari nusantara hingga negeri Syam Palestina, Suriah dan Somalia.
  3. Terjalinnya silaturahmi yang makin luas dan semakin menambah ruang lingkup bantuan terhadap negara konflik Palestina, Suriah dan negara tingkap gizi buruk tertinggi didunia Somalia.

 

 

 

 

  • Kalo Manfaat Program Qurban Super Barokah (QSB) ini apa ??

Manfaatnya so simple tapi sangat bermakna untuk menebar kebahagiaan untuk umat dan menjadi ladang amal bagi kita

  1. Tepat sasaran
  2. Sesuai syariat dan sunnah
  3. Berbagi pahala
  4. Memberdayakan umat
  5. Berbagi kebahagiaan

 

  • Berapa sih target penerima manfaat PZU dalam Program Qurban Super Barokah (QSB) ini ??

Target penerima manfaat untuk Qurban 1439 H di program Qurban Super Barokah (QSB)  ini sebanyak 20.000 penerima manfaat yang tersebar dari Nusantara hingga Palestina, Suriah dan Somalia..

 

  • Jadi wilayah Qurban Super Barokah (QSB) We Are Brother, Kita Saudara dimana saja ?
    1. Palestina
    2. Suriah
    3. Somalia
    4. Sudan
    5. Rohingya
      1. Dengan rincian saham sebanyak : 100 Saham/10 Ekor Unta.
    6. Wilayah 1 (Indonesia Barat) Meliputi;
  1. Provinsi Bengkulu
  2. Provinsi Sumatra Selatan
  3. Provinsi Sumatra Utara
  4. Provinsi Riau
  5. Provinsi Jawa Barat
  6. Provinsi Jawa Tengah
  7. Provinsi Yogyakarta
  • Dengan rincian saham sebanyak : 90 Saham Sapi/13 Ekor dan 10 Saham Kambing/10 Ekor
    1. Wilayah 2 (Indonesia Tengah) Meliputi;
  1. Provinsi Kalimantan Tengah
  2. Provinsi Kalimantan Timur
  • Dengan rincian saham sebanyak : 50 Saham/7 Ekor Sapi
    1. Wilayah 3 (Indonesia Timur) Meliputi;
  1. Provinsi Sulawesi Selatan
  2. Provinsi Maluku
  3. Provinsi Bali
  4. Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Dengan rincian saham sebanyak : 50 Saham/7 Ekor Sapi

 

  • Jadi berapa target saham keseluruhan Program Qurban Super Barokah (QSB) ini ?

Target saham untuk Qurban 1439 H di program Qurban Super Barokah (QSB)  ini sebanyak 300 Saham untuk keseluruhan dengan rincian untuk wilayah Indonesia 200 Saham untuk 27 Sapi dan 10 Ekor Kambing/Domba, dan untuk wilayah  Palestina, Suriah dan Somalia sebanyak 100 Saham dengan rincian 10 ekor Unta.