PUSAT ZAKAT UMAT Raih Akreditasi “A” dan Opini “Sesuai Syariah”

 

Selasa, 29 Januari 2019, Kementrian Agama RI mengumumkan terkait hasil akreditasi dan audit syariah Baznas dan LAZ yang ada di seluruh Indonesia di tahun ini. Alhamdulillah, dalam surat keputusan Jendral Bimbingan Masyarakat Islam No 90 Tahun 2019 tentang penetapan hasil pendampingan Akreditasi dan Audit Syariah Lembaga Pengelola Zakat Tahap 1,  Pusat Zakat Umat mendapat nilai akredaitasi  “A” dengan nilai skor akreditasi, 98,87,  Kepatuhan syariah 97, 16, opini syariah “SESUAI SYARIAH” .

Nana Sudiana (Sekjend FOZ & Direktur Pendayagunaan IZI) dalam sebuah tulisannya mengungkapkan bahwa “Pengumuman ini di kalangan gerakan zakat Indonesia diapresiasi sangat positif. Ini sebuah kemajuan luar biasa yang dicapai Kementrian Agama dalam memberikan spirit bagi gerakan zakat Indonesia. Daripada semacam award yang setiap tahun diberikan, penilaian kali ini demikian terasa menantang bagi gerakan zakat. Bukan soal kebanggan atau merasa lebih baik, bukan itu subtansinya, namun betapa terasa ada kesungguhan dari otoritas yang membawahi gerakan zakat untuk membedah kondisi masing-masing organisasi Pengelola Zakat (OPZ) baik Baznas maupun LAZ yang di audit lembaganya.”

Angga Nugraha, S.Kom.i, sebagai Direktur Eksekutif PZU, merasa bersyukur dengan  pencapaian yang telah didapat,  “ini adalah sebuah anugrah yg harus disyukuri dan dipertahankan bahkan harus terus diperbaiki.”  Menurutnya nilai yang telah dicapai menjadi sebuah tantangan, karena hasil audit harus terus dipertahankan atau bahkan dapat mencapapi nilai skor yang lebih tinggi lagi kedepannya.  “semoga dengan adanya hasil audit ini semakin meningkatkan (trust) dari para donatur . 

PZU mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh Amilin Pusat Zakat Umat dan kepada pihak terkait  yang telah bekerja keras hingga bisa meraih nilai A dengan nilai yang sangat baik.  Semoga ini menjadi motivasi untuk lebih giat lagi menjalankan amanah umat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *