Persis Menyalurkan Bantuan kepada Korban Tanah Longsor Cisolok-Sukabumi 

Padalarang, pzu.or.id, Selasa, 8 januari 2019 Persis Bandung Barat diwakili  Siaga Bencana(SIGAB) dan PZU KLP Padalarang beserta Otonom menyalurkan bantuan secara langsung kepada korban bencana tanah longsor di Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Cisolok-Sukabumi.  Bantuan yang diberikan berupa  uang tunai yang merupakan hasil dari penggalangan dana oleh Keluarga Besar Persis Bandung Barat bersama elemen masyarakat lainnya, serta pakaian layak pakai yang dikumpulkan dari masyarakat sekitar.

Pemberangkatan tim relawan ke lokasi bencana menggunakan Ambulance PZU KLP Padalarang dan mobil pribadi milik anggota Siaga Bencana (Sigab) Korda Bandung Barat. Menempuh perjalanan lebih kurang 7 jam akhirnya rombongan relawan tiba di Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi, Cisolok-Sukabumi, kampung ini menjadi salah satu camp pengungsian korban, posko kesehatan, dan posko penampungan bantuan logistik.

Tiba di sana rombongan relawan diterima dengan baik oleh warga sekitar Kampung Adat Kasepuhan Sinar Resmi serta sejumlah pers dan relawan lainnya. Logistik berupa makanan, obat2an, alat tidur -seperti selimut, bantal, guling-, popok bayi, dan keperluan lainnya yang telah sampai terlebih dahulu terlihat memenuhi rumah2 adat yang ada di sana.
Ketika tim relawan hendak melanjutkan perjalanan ke titik dimana bencana longsor terjadi, di Kampung Cimapag Ds. Sinarresmi Kec. Cisolok-Sukabumi tim relawan justru dicegah untuk tidak memaksakan diri menuju titik lokasi yang terdampak bencana longsor oleh masyarakat pemangku adat dan sebagian relawan lain yang telah terlebih dahulu tiba di sana, karena medan yang berat.
Kang Ode (Komandan Sigab Persis Bandung Barat) memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke titik lokasi terdampak bencana longsor karena  terlalu beresiko jika ditempuh dengan kendaraan yang dibawa, demi keamanan dan keselamatan relawan di bawah komandonya. Akhirnya sejumlah dana dan logistik yang dibawa  diserahkan secara langsung kepada “Abah” -Kasepuhan Kampung Adat Sinar Resmi- dan perwakilan warga sekitar secara simbolis.
Hal ini kami upayakan bersama kader muda Persis Bandung Barat agar korban terdampak bencana longsor di Kp. Cimapag Ds. Sinar Resmi Kec. Cisolok-Sukabumi ini dapat menerima bantuan kemanusiaan secara langsung, pun demikian kader muda Persis Bandung Barat bisa lebih peka dan memiliki empati kemanusiaan yang tinggi terhadap korban terdampak bencana di mana pun, dan saya harap ini menjadi bencana terakhir yang terjadi di Negeri kita.” Pungkas Kang Ode yang ditemui di Basecamp Siaga Bencana (SIGAB) Persis, di Padalarang. (Andi Lukman, SIGAB KBB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *