DOA PENGHUNI SYURGA

Oleh: Cery Riksanegeri

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي صَدَقَنَا وَعْدَهُ وَأَوْرَثَنَا الْأَرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاء فَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

Dan mereka mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam syurga di mana saja yang kami kehendaki; maka syurga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal”. (QS. Az-Zumar [39] : 74)

 

Percaya adanya surga dan neraka merupakan rukun iman yang kelima. Surga adalah suatu tempat di akhirat yang penuh dengan berbagai kenikmatan dan kesenangan. Kenikmatan dan kesenangan di surga berbeda dengan di dunia. Kebahagiaannya bersifat kekal, tidak disertai dengan kesengsaraan, kebingungan, dan rasa sakit. Penghuninya pun tidak akan mendapatkan godaan, ujian, larangan, dan perintah seperti di dunia sebab Allah Swt. telah menghalalkan segalanya bagi penghuni surga.
Menjadi ahli surga adalah dambaan setiap insan. Namun, tidak semua orang dapat memasukinya. Hanya orang orang yang bertakwa dan bersungguh-sungguhlah yang kelak akan memperolah jannah an naim. Mereka adalah orang orang yang yakin terhadap janji Allah Swt. yang disampaikan melalui Rasul-Nya. Tekun mengikuti petunjuk-Nya, melaksanakan segala kewajiban dan perintah-Nya, dan meninggalkan semua yang dilarang-Nya.
Ketika orang–orang bertakwa dibawa ke surga yang telah dibuka pintu pintunya, berkatalah para penjaganya, “semoga kesejahteraan dilimpahkan atas kalian, berbahagialah dan masuklah ke surga, kalian kekal di dalamnya. “ Kemudian, penghuni surga itu berkata,segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami…‘”(QS az-Zumar [39]: 73-74)
Sedangkan orang-orang kafir, mereka digiring ke neraka yang telah dibuka pintu-pintunya. Para penjaga neraka itu bertanya, “apakah belum pernah datang kepada kalian rasul-rasul dari kalangan kalian, yang membacakan ayat-ayat Allah dan memeringatkan kalian tentang adanya hari ini?” Mereka menjawab, ”benar telah datang”. Kemudian dikatakan kepada mereka, “masuklah ke pintu pintu neraka jahannam itu, kalian kekal di dalamnya, dan neraka jahannam itu adalah seburuk buruk tempat bagi orang orang yang menyombongkan diri”. (QS. Az-Zumar [39] : 71-72)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *