BERKAH RAMADHAN 2019 “SEMANGAT BERBAGI UNTUK SAUDARA”

BERKAH RAMADHAN 2019

“SEMANGAT BERBAGI UNTUK SAUDARA”

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Islam khususnya, karena di bulan Ramadhan, semua kebaikan yang dikerjakan akan mendapatkan lipatan pahala. Maka dari itu, bulan Ramadhan secara tidak langsung menjadi bulan yang membangkitkan semangat (Ghiroh) kebaikan umat Islam.

Semangat yang lahir di bulan Ramadhan adalah semangat untuk berlomba-lomba berebut kursi kebaikan yang di tawarkan langsung oleh sang pencipta kita, Allah Swt. Maka dari itu, banyak peluang atau kesempatan untuk mendapatkan kebaikan tersebut.

Pusat Zakat Umat (PZU) sebagai salah satu LAZNAS (Lembaga Amil Zakat Nasional) selalu belajar dan bebenah diri untuk selalu memberikan yang terbaik untuk mensejahterahkan umat sebagaimana fungsi kami sebagai penyambung tiap lapis masyarakat dalam konteks pelayanan umat. Visi kami dalam mengemban amanah ialah “Menjadi Lembaga yang Unggul dan Kompetitif dalam Pemberdayaan Umat”.

Di Bulan Ramadhan, PZU memiliki beberapa program yang ditargetkan dalam rangka kesejahteraan umat. PZU pun siap memberikan berbagai fasilitas layanan berdonasi demi kemudahan para donatur untuk mempercayakan donasinya di Pusat Zakat Umat.

Dengan semangat berbagi yang kami miliki, PZU sudah mempersiapkan beberapa program untuk menyambut Bulan Ramadhan.Tujuannya adalah agar Ramadhan tahun ini dapat menambah peluang kebaikan.

Program yang pertama adalah Berbagi Bingah Ramadhan (Bingkisan Berkah). Program tersebut merupakan program bantuan sandang dan pangan bagi fuqara, masakin, yatim piatu, dan juga fii sabilillah di berbagai wilayah Indonesia dengan tujuan agar dapat sama-sama merasakan kenikmatan, ketenangan, dan kenyamanan serta bersuka ria menyambut indahnya Hari Raya Idul Fitri.

Kemudian, PZU juga membuat program Gema Ramadhan, yaitu program yang dibuat atas dasar kepedulian kami atas masjid-masjid yang fasilitasnya kurang ‘sejahtera’ dan berada di pelosok-pelosok kota/pedesaan. Program tersebut tertuang berupa kegiatan pembagian alat kebersihan masjid, sebar Qur’an, serta speaker portable untuk memudahkan dakwah yang  berlangsung di masjid.

PZU pun tidak lupa untuk menyantuni anak yatim dan dhuafa. Maka dari itu, PZU membuat program Berbagi Ceria Ramadhan. Pondok Ramadhan merupakan program untuk mempertemukan para Agniya, Sponsorship, dan juga mitra kerjasama PZU untuk langsung bertemu dalam sebuah event dengan para anak yatim dan dhuafa yang dibantu.Tujuan program tersebut, antara lain agar para donatur dapat langsung merasakan bagimana cerita-cerita dibalik kehidupan anak yatim dan dhuafa.

Bukan bulan Ramadhan apabila tidak adanya program khas ini, yaitu Berbagi Bahagia Ramadhan. Kegiatan ini berbentuk bagi-bagi paket tajil secara gratis kepada semua lapisan masyarakat. Di antara keutamaan yang ingin diraih dari program tersebut tertuang di salah satu hadits yaitu “Siapa memberi makan orang yang shaum, maka baginya pahala seperti orang yang shaum tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang shaum itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi No. 807) Itu baru satu dari beberapa keutamaan memberikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, khususnya bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Pusat Zakat Umat selama bulan Ramadhan terus berupaya untuk menjadi jembatan penyambung kebaikan. Pada dasarnya, kita semua itu saudara dan saudara akan merasakan sakit apabila saudara yang lain sakit. Begitu pula juga, apabila kita merasakan kebahagiaan, merupakan tanggung jawab kita membahagiakan saudara kita juga, ini sudah menjadi tugas kita semua sebagai umat muslim. Maka dari itu, ayo titipkan rezeki yang Allah karuniakan dalam program Pusat Zakat Umat agar menjadi tali kebaikan yang tidak terputus. Insyaallah, kelak amal kita akan menjadi bekal di kehidupan abadi kelak. Mari bangun semangat berbagi untuk saudara, karena Kita Saudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *